Home » » Beberapa Hal yang Harus Diketahui Setiap Pemilik Bisnis

Beberapa Hal yang Harus Diketahui Setiap Pemilik Bisnis

Written By Prawiro Sohutur on Wednesday, March 18, 2015 | 8:53 AM


Apakah Anda merasa jadi pengusaha adalah tentang game dan kesenangan? Secara umum memang demikian, sebab sebuah bisnis yang baik memang seharusnya diawali dengan passion dan ketertarikan. Hal inilah yang akan memacu Anda untuk terus berkembang dan tidak menyerah dalam menjalankannya.

Meski demikian tak selamanya bisnis dapat diartikan sebagai perpaduan antara game dan kesenangan karena ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Lalu, seperti apa sih gambaran bisnis yang harus diketahui? Mari simak ulasan lengkap yang telah disiapkan tim redaksi berikut ini:

Bisnis adalah tentang servis, bukan pencapaian personal

Terdapat beberapa pertanyaan mendasar yang sering ditujukan bagi pebisnis, seperti mengapa Anda memulai usaha ini? Atau mengapa Anda mau memulai usaha. Pertanyaan tersebut memang tampak mudah, namun sebenarnya mengandung jebakan dan memiliki jawaban salah/benar.

Beberapa jawaban salah terkait hal itu adalah “untuk mendapatkan uang”, “untuk menjadi bos bagi diri sendiri”, dan “agar bisa mengatur jadwal sendiri”. Jika Anda menanyakan jawaban benar, maka yang akan keluar adalah “untuk memecahkan masalah” hingga “untuk menyediakan servis”.

Tahukah Anda apa bedanya? Sebuah bisnis harus berorientasi pada konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka sehingga Anda tidak perlu terlalu memikirkan kompetisi maupun keuntungan besar. Menangkanlah hati konsumen, maka Anda akan dengan mudah bertahan ditengah ketatnya persaingan.

Anda tak bisa melakukannya sendirian

Anda mungkin akan menempati beberapa posisi sekaligus ketika memulai sebuah bisnis, seperti menjadi pemilik, bagian penjualan, akuntan, hingga sebagai cleaning service. Keadaan tersebut akan berlangsung hingga bisnis berjalan stabil dan berkembang yang memaksa Anda mempekerjakan orang lain.

Pada level ini Anda pasti membutuhkan orang lain, oleh karena itu jangan memaksa mengerjakan segalanya sendiri dengan alasan efektivitas biaya. Pekerjakan orang-orang terpercaya dan kompeten agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Anda membutuhkan marketing

Beberapa orang percaya bahwa mereka tidak membutuhkan promosi jika produk sudah berkualitas bagus. Jika ini yang dipercayai, sekarang cobalah melihat brand besar seperti Ferrari dan Rolex yang ternyata mau membayar mahal hanya untuk sebuah iklan.

Strategi penjualan (marketing) merupakan bagian fundamental dari sebuah bisnis. Anda harus memiliki divisi penjualan yang cukup efektif untuk menarik konsumen melakukan pembelian.

Ketika melakukan perekrutan karyawan baru

Perusahaan Anda harus diisi oleh orang-orang yang dapat membawa hasil positif, sehingga pilihlah mereka yang memiliki kompetensi dan kemampuan mumpuni. Meski demikian hal ini bukanlah menjadi satu-satunya persyaratan sebab kepribadian juga menjadi salah satu hal yang cukup menentukan. Oleh karena itu, tetap berpikirlah dua kali jika Anda akan mempekerjakan seseorang yang berkompeten namun terlihat tidak memiliki kecocokan dengan atmosfir kantor.

Kenali dasar berbisnis dengan baik

Ketahuilah dasar-dasar berbisnis dengan baik, seperti kepemimpinan, strategi penjualan, manajemen, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk berpartisipasi secara aktif, namun Anda harus familiar dengan semua ini agar dapat memastikan segalanya berjalan baik.

Orang tidak membeli pizza, tetapi mereka membeli pengalaman makan pizza

Bisnis bukanlah tentang mencari keuntungan atau pemenuhan produk, namun lebih kepada pengalaman. Banyak orang membeli sebuah produk maupun layanan karena memiliki keterikatan emosional, seperti bagaimana produk itu memberi efek pada perasaan hingga bagaimana produk itu mempengaruhi kepribadian. Penuhilah kebutuhan pelanggan tersebut, maka usaha Anda akan berjalan dengan baik.

Tersenyumlah

Senyum adalah sesuatu yang wajib dilakukan ketika Anda menghadapi konsumen. Tersenyumlah ketika menghadapi apapun, seperti ketika melayani pembeli hingga mengembalikan uang kembalian. Ketahuilah, hal ini merupakan hal bagus karena senyuman sedrhana dapat meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen Anda.

Buatlah keunikan

Dalam sebuah bisnis biasanya sebuah produk maupun jasa diingat karena memiliki keunikan. Oleh karena itu, carilah sesuatu yang unik agar konsumen tertarik untuk datang dan melakukan transaksi.

Fokus pada pengalaman adalah hal yang perlu dilakukan jika Anda ingin bisnis terus berkembang kea rah yang lebih baik. Jagalah kualitas produk dan layanan agar pelanggan lama tetap bertahan sementara pelanggan baru terus berdatangan. Jadi, apakah Anda siap meraih sukses di dunia bisnis?