Home » , » Jika Ingin Menghasilkan Uang dari Blog, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

Jika Ingin Menghasilkan Uang dari Blog, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

Written By Prawiro Sohutur on Monday, June 26, 2017 | 10:29 AM

Sedang populer mencari pendapatan melalui fasilitas internet. Mungkin diantara Anda adalah seorang pedagang online dengan toko online berkatalog, atau mungkin Anda berkecimpung dalam bisnis forex dan bisnis lain.

Nah, selain beberapa profesi online diatas, menjadi blogger juga menjadi profesi yang cukup populer. Ya, blogger memang terkesan cukup mudah, seorang owner blog terlihat hanya menulis konten kemudian membiarkan uang mengalir.

Wah, benarkah semudah itu?

Mungkin Anda sedang melihat blogger professional yang usia halaman blog-nya sudah lama sehingga semuanya tinggal berjalan dan memiliki visitor langganan banyak. Ketika Anda baru mulai menjalankan profesi sebagai blogger tentu tidak semudah yang dibayangkan.

Nah, di sini saya akan mencoba mengulas beberapa hal yang harus Anda pahami jika ingin tahu cara menghasilkan uang dari internet, khususnya menggunakan media blog:

1. Anda butuh modal banyak

Dikira menjadi blogger tidak butuh modal? Mungkin Anda sering membaca judul artikel menghasilkan uang dari blog tanpa modal. Padahal hal tersebut agaknya salah kaprah, karena menjadi blogger justru tetap harus ada modal dana.

Bukankah Anda harus memiliki sambungan internet?

Kemudian belum lagi ketika Anda ingin menghasilkan konten banyak dengan membayar penulis freelance dan biaya lain-lain. Jadi opini tentang menghasilkan uang dari blog tanpa modal adalah mitos. Kecuali memang Anda memiliki akses koneksi gratis dari tetangga dan menulis konten sendiri keseluruhannya.

2. Selalu konsisten

Salah satu hal yang harus Anda sadari tentang profesi blogger adalah konsisten. Tanpa sikap konsisten Anda tidak akan dapat berhasil menjadi blogger sukses. Yang dimaksud adalah bagaimana Anda tetap terus konsisten menghasilkan konten-konten berkualitas dan tidak boleh terputus ditengah jalan.

Dua hari posting dan 4 hari libur, tentu bukan sebuah konsistensi. Jangan sampai Anda baru membuat 10 artikel, tetapi akhirnya sudah menyerah karena dianggap sulit atau karena kecewa visitor kurang banyak.

Setidaknya mungkin Anda harus memposting 100 artikel terlebih dahulu baru dapat menghasilkan uang, itupun harus dibarengi dengan kualitas. Hampir semua bidang pekerjaan mengharuskan sikap konsisten untuk meraih hasil baik.

3. Tetapi miliki wawasan teknik blogging

Dikira seorang blogger hanya harus pandai dalam menulis konten dan mengolah kata. Padahal lebih dari itu saja, Anda harus memiliki wawasan yang luas tentang blogging. Jadi mau atau tidak mau, yang namanya blog adalah fasilitas internet berbasis content management software.

Seorang blogger profesional akhirnya harus memiliki kemampuan dasar tentang database, transfer domain, script, plugin, pengolahan HTML, desain template dan lain-lain. Meski tidak harus ahli sekali, namun setidaknya Anda harus tahu dasar-dasarnya. Berbahaya jika seorang blogger tidak mau memahami tentang wawasan blog.

4. Sosial media maniac

Menjadi blogger berarti Anda harus menjadi orang yang benar-benar aktif di sosial media. Sekedar nge-blog saja memang mudah, tetapi apakah Anda tidak ingin visitor tambah banyak? Fasilitas sosial media akhirnya menjadi salah satu jalan jitu untuk menjaring visitor baru.

Jadi jangan heran bila Anda memiliki rekan seorang blogger memiliki Facebook, Instagram, Twitter, Google+ dan sosial media lain. Mereka memanfaatkan akunnya untuk mempromosikan konten yang baru ditulis.

5. Sikap jujur diperlukan

Apakah Anda pernah berpikiran untuk membajak artikel orang lain alias copy paste artikel? Jika Anda menyertakan sumber memang tidak masalah, namun banyak blogger yang akhirnya kurang jujur dengan mencomot konten lain dan dianggap sebagai hasil karya sendiri.

Atau bagaimana seseorang dengan licik mencoba menaikan traffic blog dengan menyisipkan link atau keyword yang kurang relevan.

6. Mencoba bertindak sebagai pengunjung

Sesekali Anda harus mencoba bertindak sebagai pengunjung blog sendiri. Untuk apa maksudnya? Maksudnya agar Anda bisa merasakan sendiri bagaimana kualitas blog buatan Anda sendiri. Masuk tanpa menggunakan akun, lihatlah bagaimana responsif-nya akses blog, baca kembali konten-konten yang dibuat apakah sudah benar-benar enak dibaca dan memiliki informasi tepat guna, serta lihat tampilannya apakah sudah sesuai atau malah terkesan ribet. Salah satu trik blogger instropeksi diri adalah dengan cara ini.

Sebenarnya masih banyak hal yang harus Anda pahami untuk menjadi seorang blogger yang ingin punya bisnis internet. Tulisan di atas hanya beberapa dari sekian banyak contoh yang bisa saya temukan, mudah-mudahan bermanfaat.