Home » » Raih Keuntungan Besar dari Pagelaran Konser Musik

Raih Keuntungan Besar dari Pagelaran Konser Musik

Written By Prawiro Sohutur on Thursday, June 29, 2017 | 11:10 AM

Image dari Muri.org
Dunia seni musik memang tidak ada matinya, bahkan semakin berkembang ke banyak genre dan juga pastinya didukung peminatnya yang sangat melonjak. Dari perkotaan sampai di daerah-daerah sering kali diadakan acara maupun konser musik yang selalu ramai.

Mungkin lebih baik kita tidak perlu membicarakan pagelaran konser musik skala besar yang mengundang grup band terkenal bahkan kelas internasional karena pagelaran demikian hanya bisa diadakn oleh EO kaya raya.

Ya, Anda bisa berpeluang mendapatkan keuntungan besar dari pagelaran konser musik yang cukup hanya berskala kecil. Bahkan Anda juga tidak harus membentuk EO (Event Organizer) untuk mengadakan acara semacam ini. Anda cukup mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dan tentunya adalah ketersediaan modal memadai.

Berikut ini saya akan mencoba mengulas bagaimana mendapatkan keuntungan dari pagelaran konser musik serta tips dan triknya:

1. Modal harus 100% ada

Jangan kira ini bukan sebuah pekerjaan, bahkan lebih dari itu, mengadakan pagelaran konser musik lebih dari bisnis. Dan yang namanya bisnis tentu membutuhkan modal. Akan ada banyak uang yang diperlukan mulai dari pengurusan perijinan, sewa tempat, membayar sewa peralatan musik dan sound system, sewa panggung (stage), membayar musisi guest star, keperluan akomodasi dan masih banyak lagi yang lain. Bukankah nantinya Anda juga akan mendapatkan keuntungan? Mengapa takut menggelontorkan modal?

2. Bentuk sebuah tim

Dalam sebuah pagelaran konser musik pastinya ada terbentuk sebuah tim khusus atau bisa dikatakan sebagai crew. Merekalah yang akan membantu Anda mengurusi segala keperluan seperti menjaga tiket, bagian keamanan, mengurusi panggung dan sebagainya. Pastikan crew Anda adalah orang yang benar-benar berkomitmen dan paham bidang ini.

3. Lihat pangsa pasar

Sama seperti Anda sedang berjualan, maka Anda harus melihat produk apa yang sedang ramai dan mana yang sudah tidak diminati. Dalam bisnis musik, Anda harus jeli genre musik apa yang sedang ‘booming’ didaerah tempat pagelaran. Akan menjadi salah bila Anda menggelar konser musik ska apabila di daerah tersebut musik metal lebih laris.

Meskipun Anda adalah penggemar musik ska, tetapi untuk bisnis sepertinya kurang mendukung. Terkadang Anda harus mensurvei sendiri, masuk ke komunitas para remaja dan bertanya musik apa yang mereka suka.

4. Guest star tidak harus banyak

Dalam pagelaran konser skala daerah, Anda tidak dituntut untuk mengundang musisi guest star yang banyak. Cukup satu atau dua sudah cukup, sisanya Anda bisa mengambil band setempat yang dianggap sudah layak. Tentu hal ini bisa sangat menghemat anggaran, kecuali Anda menginginkan pagelaran konser yang spektakuler. Sebagai contoh, dalam acara musik Reggae, Anda bisa mengundang satu band terkenal seperti Souljah, kemudian Line Up lain di isi dengan puluhan band Reggae sekitar.

5. Pintar dalam matematika

Mengapa Anda harus pintar dalam matematika? Sudah tentu jika Anda ingin mendapatkan keuntungan. Berapa biaya yang harus Anda keluarkan dalam sekali pagelaran musik? Sebagai contoh untuk keperluan semuanya mencapai 14 juta. Kemudian harga tiket yang ideal adalah Rp 20 ribu, dan targetnya adalah tiket terjual sampai 1000 lembar.

Dalam perhitungannya, 20000 x 1000 = 20 juta. Artinya dengan modal 14 juta Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 6 juta dalam sekali pagelaran musik. Ini hanyalah perhitungan sederhana, dan mungkin bisa melebihi target yang ditentukan. Jika target kurang, inilah yang disebut resiko bisnis.

6. Strategi marketing

Tidak hanya menjual produk saja, Anda juga perlu menggunakan berbagai strategi marketing agar pagelaran musik sukses. Gunakan cara yang sudah terbukti ampuh, seperti membuat selebaran/pamflet, menyebarkan informasi dari media internet, memasang spanduk dan lain sebagainya.

7. Sponsor juga membantu

Jika Anda terkendala masalah modal, solusi yang cukup bagus adalah dengan menggandeng sponsor-sponsor. Para pemilik produk atau perusahaan bakal bersedia menggelontorkan dana selama proposal Anda bagus. Yang perlu dilakukan hanyalah memasang spanduk produk dan perusahaan pihak sponsor di area pagelaran musik atau menempatkan logo-nya pada setiap selebaran.

8. Buatlah event Anda semenarik mungkin

Pagelaran musik menarik tentu akan membuat para penonton senang, dan jika Anda mengadakannya kembali dipastikan bakal lebih ramai. Yang membuat konser musik menarik adalah dari kualitas audio bagus, musisi yang berkualitas, area pagelaran yang luas dan nyaman, keamanan yang terjamin, dan fasilitas lengkap.