Home » , » Bagaimana Cara Spammer Mendapatkan Alamat Email Anda?

Bagaimana Cara Spammer Mendapatkan Alamat Email Anda?

Written By Prawiro Sohutur on Thursday, July 13, 2017 | 10:12 PM

Spam itu luar biasa. Dalam upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mengejutkan, email sampah bisa menjangkau hampir semua orang secara online.

Yang dibutuhkan untuk mendapatkan milis yang digunakan oleh spammer adalah alamat email. Tidak perlu mendaftar apapun atau meminta email.

Spam itu baru mulai datang, entah dari mana, nampaknya tanpa rencana, dan tanpa alasan. Ini menyerang alamat email yang tidak pernah digunakan.

Tapi bagaimana spammer menemukan alamat email?

Bagaimana mereka menemukan kotak surat Anda saat teman terbaik Anda tidak?

Dictionary Attack


Penyedia email gratis besar seperti Windows Live Hotmail atau Yahoo! Mail adalah surganya para spammer, paling tidak saat menemukan alamat yang mudah terserang.

Jutaan pengguna berbagi satu nama domain yang sama, jadi Anda sudah tahu itu ("hotmail.com" dalam kasus Hotmail). Cobalah untuk mendaftar akun baru dan Anda akan menemukan bahwa menebak username yang ada juga tidak sulit. Nama yang paling pendek dan bagus diambil.

Jadi, untuk mencari alamat email di ISP yang besar, sudah cukup untuk menggabungkan nama domain dengan nama pengguna acak. Kemungkinan keduanya "asdf1 @ hotmailcom" dan "asdf2@hotmail.com" pasti ada.

Untuk mengalahkan serangan spammer semacam ini,
  • Gunakan alamat yang panjang dan sulit.
Brute Searching Force

Taktik lain yang digunakan oleh spammer untuk menemukan alamat email adalah mencari sumber umum alamat email. Mereka memiliki robot pemindaian halaman web dan link tujuannya

Bots memanen alamat ini bekerja sangat mirip dengan robot mesin pencari, hanya saja konten tersebut tidak sesuai dengan konten halaman. String dengan '@' di suatu tempat di tengah dan domain tingkat atas di akhir adalah semua spammer tertarik.

Meskipun tidak pilih-pilih, halaman yang sangat ingin dikunjungi para spammer adalah forum web, chat room, dan antarmuka berbasis web ke usenet karena banyak alamat email kemungkinan dapat ditemukan di sana.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus melakukan hal berikut;
  •  Menyamarkan alamat email Anda saat Anda menggunakannya di internet atau, lebih baik lagi,
  •  Gunakan alamat email sekali pakai
Jika Anda memposting alamat Anda di halaman web atau blog Anda sendiri, Anda bisa melakukan;
  •     Encode, jadi pengunjung yang ingin mengirim email bisa melihat dan menggunakannya, tapi spambot tidak bisa. Lagi,
  • Menggunakan alamat sekali pakai, ini alternatif yang sangat efektif dan sekaligus nyaman.
Worms Mengubah PC Tercemar Menjadi Spam Zombie

Agar tidak terdeteksi dan disaring, spammer berusaha mengirim email mereka dari jaringan komputer terdistribusi. Idealnya, komputer ini bahkan bukan milik mereka sendiri melainkan pengguna yang tidak menaruh curiga.

Untuk membangun jaringan zombie spam semacam itu, spammer bekerja sama dengan pembuat virus yang melengkapi worm mereka dengan program kecil yang bisa mengirim email massal.

Selain itu, mesin pengirim spam ini akan sering memindai buku alamat pengguna, tembolok web dan file untuk menemukan alamat email. Itu kesempatan lain bagi spammer untuk menangkap alamat Anda, dan yang satu ini sangat sulit untuk dihindari.

Yang terbaik yang bisa dilakukan siapa pun adalah
  • Simpan program email mereka diperbarui dan ditambal,
  • Waspadalah terhadap lampiran yang tidak mereka minta dan
  • Lakukan pemindaian virus dengan pemindai gratis dan up to date secara teratur.
Baca juga: