Home » , » Jika Blog Tanpa Iklan, Dari Mana Menghasilkan Uang?

Jika Blog Tanpa Iklan, Dari Mana Menghasilkan Uang?

Written By Prawiro Sohutur on Thursday, July 6, 2017 | 11:03 AM

Semakin banyak bermunculan blog-blog baru dengan konsep campuran maupun Niche. Selain itu blog-blog hadir dalam berbagai tema pembahasan, mulai dari blog yang bertopik bisnis online, game, otomotif, catatan pribadi, referensi kegiatan outdoor, makanan, travelling, dan lain sebagainya.

Hampir sebagian besar blog yang Anda kunjungi pastilah terdapat kolom iklan, entah itu iklan dari program Adsense maupun iklan dari kerjasama Afiliasi. Keberadaan iklan memang dianggap tidak penting bagi visitor, namun bagaimana pun juga keberadaan iklanlah yang membuat sebuah blog tetap eksis dan aktif karena dari situlah sumber pendapatan berasal.

Meski demikian ada saja sebuah blog dibangun tanpa iklan dan menurut kami itu adalah hal yang luar biasa. Entah karena alasan prinsip atau alasan lain.

Yang menjadi pertanyaan, blog tanpa iklan otomatis tidak ada pendapatan atau penghasilan, tetapi dapatkan kita membuat blog tanpa iklan namun tetap mendapatkan penghasilan? Jawabannya bisa, simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Menjual konten dalam versi E-book

Sebuah blog tanpa iklan tetap berpotensi mendapatkan penghasilan, salah satunya adalah dengan menjual konten Anda secara lengkap dalam versi E-book entah itu dalam format PDF maupun format lainnya. Biasanya trik ini cocok untuk blog yang menuliskan tentang tutorial, dalam blog online biasanya penulis menuliskan sebuah tutorial namun dalam versi yang tidak 100% lengkap.

Kelengkapan tutorial bisa didapatkan dari E-book yang dijual. Trik ini banyak digunakan oleh ahli desain grafis untuk trik editing yang professional. Cukup lumayan untuk bisa memenuhi kebutuhan tagihan internet.

2. Ada produk yang dijual

Ketika tidak ada penghasilan dari iklan karena memang tidak ada iklan pada sebuah blog. Mungkin alternatifnya untuk mendapatkan uang adalah memiliki produk yang dijual. Kami menyarankan Anda untuk menjual produk atau jasa yang masih relevan dengan postingan blog.

Sebagai contoh Anda memiliki blog tutorial Photoshop dan menawarkan jasa editing professional seperti kolase atau grafis vector. Atau contoh lain adalah blog yang menuliskan tentang mainan Helicopter RC dan Anda juga menjual spare part mainan tersebut. Tidak salah, blog Anda tetap bersih dari iklan tetapi juga masih ada pendapatan yang dihasilkan.

3. Dana dari donasi


Untuk cara ketiga mendapatkan penghasilan dari blog tanpa iklan adalah melalui donasi yang diberikan dari visitor. Jangan ragu dan jangan malu untuk menuliskan nomor rekening Anda dan menyatakan bahwa blog Anda memerlukan dana donasi dari pembaca sekalian. Jika ada visitor yang menggemari dan benar-benar menyukai blog Anda pastinya memungkinkan akan memberi donasi guna kelancara pengelolaan blog.

Salah satu contohnya adalah situs fotografi yang sangat lengkap yakni www.kenrockwell.com . Situs tersebut benar-benar bersih dari iklan serta memiliki banyak sekali artikel.. Pemiliknya mendapatkan penghasilan dari donasi pengunjung. Hanya saja untuk mendapatkan dana dari donasi Anda harus memiliki sebuah blog yang sangat berkualitas, informatif, berguna dan biasanya menjadi referensi terpercaya. Sangat sulit blog biasa dengan kualitas yang masih dipertanyakan akan mendapatkan dana donasi dari pengunjung.

4. Pembuatan artikel mengulas sebuah instansi

Anda mungkin sedang tidak menampilkan sebuah iklan, tetapi Anda bisa membuat artikel yang memuat pembahasan instansi lain. Dan instansi yang berkaitan tersebut tentunya akan memberikan sejumlah uang kepada penulis dan pemilik blog sebagai balas jasa. Ini seperti kerjasama iklan Affiliate tetapi berbentuk review dengan artikel.

Jadi tidak sama dengan iklan pada umumnya. Cobalah untuk bekerjasama dengan sebuah instansi perusahaan, toko online atau situs web. Trik ini mudah, Anda tinggal menuliskan profil sebuah instansi, apa tujuannya, apa yang dijual atau jasa apa yang tersedia dan lain sebagainya.

5. Workshop


Setelah ada 4 trik mendapatkan penghasilan dari blog tanpa iklan, mungkin ada trik lain yakni dengan mengadakan workshop atau sederhananya Anda mengadakan kopi darat dengan para visitor yang sering mengunjungi blog Anda.

Pembahasannya bisa dari topik yang sering ditulis pada blog entah itu soal trik SEO, pemasaran online, bagaimana cara menulis blog dengan baik dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus benar-benar ahli dalam dunia blogging, karena Anda akan bertindak sebagai guru atau master.